Tips Memilih Atap Sirap


Atap Sirap sudah dikenal banyak orang selama berpuluh - puluh tahun yang lalu. Bahkan, karena alasan estetika dan unsur natural, sirap sudah banyak diekspor ke mancanegara. Di Indonesia, sirap tidak hanya dipasang pada bangunan bangunan hotel dan vila, tetapi juga banyak dipasang di bangunan bangunan cagar budaya seperti ; pasar gede surakarta. Institusi pendidikan pun juga menggunakan atap sirap misalnya ITB.


Namun demikian, cara pemasangan atap sirap sudah barang tentu menjadi kunci pokok agar atap tidak mengalami kebocoran. Tidak banyak produsen, suplier dan kontraktor jasa pemasangan atap sirap memiliki pengetahuan yang cukup baik mengenai pemasangan atap sirap. berikut beberapa tips dalam memilih atap sirap :

  1. Dari sisi ketebalan, semakin tebal sirap sebenarnya semakin baik, tetapi tentu akan sangat berpengaruh terhadap harga atap sirap itu sendiri. Ukuran atap sirap standar adalah tebal 0,5 cm dan panjang 60 cm.
  2. Semakin panjang ukuran sirap, maka resiko kebocoran dapat diminimalisir dikarenakan apabila terdapat kebocoran pada lapis pertama, maka air akan terhalang oleh lapis kedua, dan seterusnya.
  3. Sirap sebaiknya dipasang dengan mesin paku tembak. Hal ini karena, jika dipasang dengan paku manual, dengan ukuran ketebalan sirap 1 cm maka dikhawatirkan paku akan mengalami bengkok di tengah atau lobang paku semakin besar sehingga kebocoran lebih mudah terjadi. Berbeda jika dipasang menggunakan paku tembak yang mempunyai kecepatan dan kekuatan tekanan yang tinggi sehingga lobang paku pada sirap tidak akan tertalu besar.
  4. Penggunaan layer alumunium foil maupun sejenisnya sangat disarankan sebagai tindakan preventif terhadap resiko kebocoran atap, baik pada pemasangan jenis ekspose bawah maupun non ekspose. Mengingat atap sirap lebih mudah aplikasi baru daripada rehab.
  5.  Atap sirap kayu ulin sebenarnya merupakan jenis atap kayu yang mempunyai daya tahan sangat baik, tetapi sebisa mungkin dijauhkan dari benda benda berat yang dapat jatuh ke bidang atap seperti buah kelapa dll, karena akan mengakibatkan atap pecah terutama pada saat atap sirap sudah dalam kondisi tua.
  6. Produsen Sirap dalam faktanya belum tentu mampu menguasai teori dan aplikasi yang baik dalam memasang atap sirap kayu, karenanya pemilihan kontraktor / jasa pemasangan sirap yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap ketahanan / usia atap sirap tersebut.
  7. Pada saat melakukan pergantian atap sirap sebaiknya mempertimbangkan hal – hal sebagai berikut : Mempertimbangkan keadaan cuaca, Memperhatikan instalasi dan kekuatan rangka atap serta kualitas bahan / material atap.
  8. Jangan terkecoh dengan sirap maupun jasa pemasangan yang mematok harga rendah di bawah pasaran harga. Harga yang rendah di bawah pasaran akan sangat berpengaruh terhadap psikhologis kerja. Segala sesuatu pekerjaan yang hanya mengejar target tanpa mempertimbangkan aspek kenyamanan psikhologis, pasti tidak akan memperoleh hasil yang baik dan memuaskan.

Ditulis oleh : Muhaimin(CV. Sirap Mandiri Sejahtera)
Untuk konsultasi dan pemesanan call : 081392405723
Produsen atap sirap, supplier atap sirap, jasa pemasangan atap sirap, harga atap sirap, teknik pasang atap sirap,sirap atap, jasa atap sirap, decking, jual atap sirap





Entri Populer